Cara membuat timer shutdown di laptop/PC


Bekerja di depan laptop/PC memang kegiatan yang melelahkan, apalagi itu merupakan pekerjaan sehari - hari mata lelah menyebabkan ngantuk yang tidak tertahankan sering kali membuat kita ketiduran sehingga lupa mematikan laptop/pc apakah kamu pernah mengalami hal tersebut? pengalaman saya sih sangat sering sekali wkwkwkwkw :v ketiduran dalam keadaan pc masih menyala sampai pagi, tentunya hal itu pemborosan terutama untuk tagihan listrik.

Disisi lain juga jika PC atau laptop hidup terlalu lama dan tanpa istirahat juga dapat mempengaruhi performa laptop atau PC itu sendiri, Karena dampak yang ditimbulkan bisa menyebabakan kerusakan hardware. Nah tentunya kamu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Lalu bagaimanakah solusinya?

Disini saya akan membagikan tips untuk menghindari hal dimana kamu sampai lupa mematikan laptop atau PC kamu dengan cara membuat timer shutdown otomatis di laptop/pc menggunakan Shortcut. Seperti postingan sebelumnya yang saya buat mengenai Cara membuat shortcut "on" dan "off" wifi hotspot di windows 7 . Nah kira - kira fungsinya akan sama seperti itu, kita akan memanggil perintah dengan menggunakan command prompt dan membuat sebuah shortcut untuk mengaktifkan command prompt tersebut agar lebih mudah mengaktifkan dan menonaktifkannya. Baiklah kita langsung saja ke tutorialnya caranya sangat mudah ikuti langkah dibawah berikut :

1. Langkah pertama adalah pada halaman desktop kamu buatlah sebuah Shortcut baru dengan cara klik kanan >> New Shortcut


2. Ketik shutdown -s -t 60 pada kolom Type the location of the item lalu klik Next 
Keterangan : angka 60 itu artinya 60 detik, Nah jika kamu ingin mengganti misalnya 1 jam, kamu tinggal kalikan saja maka : 1 jam = 3600 detik maka ganti angka 60 menjadi 3600 atau  2 jam = 7200 detik maka ganti angka 60 menjadi 7200 dan seterusnya.


 3. Jika sudah selesai membuat settingan timernya, selanjutnya isi nama pada kolom Type a name for this shortcut sesuai keinginanmu misalnya seperti contoh pada gambar dibawah berikut. Lalu klik Finish maka shortcut akan otomatis dibuat di desktop kamu.


Berikut adalah tampilan di desktop setelah shortcut selesai dibuat.


Setelah shortcut berhasil dibuat kalau di aktifkan akan muncul dialog seperti ini. Nah itu tandanya timer otomatis shutdown sudah aktif.


Selesai, selanjutnya misalkan kita ingin membatalkan timernya bagaimanakah caranya? Cukup mudah, kita buat shortcut cancelnya terlebih dahulu caranya sama seperti langkah pertama. Pada halaman desktop kamu klik kanan >>  kemudian pilih New shortcut


4. Kemudian ketik shutdown.exe -a pada kolom Type the location of the item lalu klik Next
Keterangan : -a artinya abort atau dibatalkan


5.  Selanjutnya isi kolom Type a name for this shortcut sesuai keinginanmu misalnya seperti contoh pada gambar dibawah berikut. Lalu klik Finish maka shortcut akan otomatis dibuat di desktop kamu.


Nah shortcut timer dan cancel shutdown sudah berhasil dibuat dan tampilannya akan seperti gambar dibawah berikut.


Misalnya kamu ingin shortcutnya terlihat lebih keren, kamu bisa mengganti iconnya dengan cara klik kanan >> kemudian pilih properties lalu pilih change icon. Atau jika kamu ingin menggunakan icon yang lain, kamu juga bisa mendownload di Google dengan format .Ico


6. Kemudian pilih icon yang sesuai dengan keinginanmu, lalu klik OK


7. Setelah memilih icon yang cocok kemudian lanjutkan klik apply lalu klik OK


Selesai, sekarang kamu sudah mempunyai dua buah shortcut baru yang fungsinya untuk membuat timer shutdown dan untuk membatalkan timernya 



Bagaimana cukup mudah bukan? itu dia tadi tutorian Cara membuat timer shutdown di laptop/PC, Sekian tutorial yang saya berikan semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Lihat Komentar

0 Response to "Cara membuat timer shutdown di laptop/PC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel