Tips membersihkan file sampah di Laptop dan PC



Memiliki Laptop atau PC dengan performa yang kencang dan ringan merupakan idaman semua orang. Namun bagaimana jika Laptop atau PC yang kamu gunakan lelet dan sangat berat? tentunya hal ini sangat menjengkelkan. Apalagi sangat menggangu saat banyak pekerjaan yang memang harus di selesaikan menggunakan Laptop atau PC. Laptop atau PC yang lelet bisa dipengaruhi oleh kapasitas penyimpanan yang hampir penuh dan di penuhi dengan file - file sampah yang sudah tidak berguna.

Apakah file sampah itu bisa kita bersihkan dari Laptop atau PC? tentu saja Bisa!! Junk File atau file sampah ini memang harus rutin di bersihkan dari Laptop atau PC. Untuk membersihkan file - file sampah ini kamu bisa gunakan fitur yang disediakan dari operating system di Laptop atau PC kamu atau bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dan tentunya kinerja Laptop atau PC kamu bisa kembali meningkat performanya karena banyak ruang tersisa dari file sampah tersebut. Simak tips - tips berikut ini untuk membersihkan file - sampah di Laptop dan PC kamu.


Membersihkan junk file dengan mudah


1. Menggunakan fitur windows Disk Cleanup



Untuk kamu pengguna Operating System Windows 7, 8 dan 10 bisa mencoba membersihkan junk file menggunakan fitur bawaan dari Windows. Disk Cleanup merupakan fitur untuk membersihkan file - sampah yang sudah tidak berguna di Laptop atau PC kamu. Misalnya seperti contoh file windows.old yang masih tersimpan setelah kamu mengupgrade Operating System Windows yang lama  ke Operating System Windows yang baru, jadi dengan menghapusnya file Windows.old ini kamu bisa menyisakan cukup banyak ruang penyimpanan hingga puluhan Gigabyte.

Caranya sangat mudah, ikuti langkah - langkah berikut :

  • Ketik Disk Cleanup pada search menu



Bukalah jendela start menu kemudian ketik Disk Cleanup pada kotak pencarian. Setelah muncul nama Programnya klik untuk membuka program, akan tampil menu Disk Cleanup.

  • Memilih Disk yang akan di bersihkan



Setelah muncul menu Disk Cleanup, pilihlah Disk yang ingin kamu bersihkan dari file - file sampah. Seperti contoh misalkan Disk (C:) Disk C merupakan tempat instalasi Operating System kamu jadi jika kamu selesai upgrade Windows maka file Windows.old akan masih tersimpan di Disk ini. pilih Disk lalu klik OK.

  • Memilih Cleanup System files



Sebenarnya jika kamu langsung klik OK program Disk Cleanup sudah langsung berjalan untuk menghapus junk file atau file - file sampah yang ada di Laptop atau PC kamu, tetapi jika kamu ingin menampilkan hasil yang lebih dalam lagi seperti file bekas upgrade Operating System Windows di System (C:) kamu bisa memilih Clean up System files. Tunggu beberapa saat untuk program bekerja menghapus file - file sampah, setelah selesai kamu bisa hasilnya dan close programnya.

Selain dari menu search tadi, kamu juga bisa melakukan Disk Cleanup melalui File Exproler dengan cara buka My Computer lalau pilih Disk Drive (C:) lalu klik kanan pilih Properties nanti akan muncul jendela seperti gambar di bawah. Lanjutkan pilih Disk Cleanup lalu klik OK.




2. Menggunakan fitur Storage Sense pada Windows 10

Untuk kamu pengguna Windows 10 membersihkan file - file sampah bisa juga menggunakan fitur windows yang disediakan. Storage sense adalah fitur yang berguna untuk menghapus file - file sampah yang sudah tidak berguna di Laptop atau PC. Untuk menggunakan fitur ini ikuti langkah - langkah berikut.

  • Buka setting



Langkah yang pertama adalah pada start menu pilih menu setting. Setelah masuk ke menu setting selanjutnya pilih System pada pojok kiri atas.



Jika sudah masuk ke menu System lanjutkan untuk memilih Storage. Di menu ini akan menampilkan data dari Hard Disk di Laptop atau PC kamu. Lanjutkan dengan memilih Free up space now. Setelah itu tunggu sampai system selesai melakukan scanning hingga muncul tampilan file - file yang ingin di hapus.

  • Pilih Remove file



Pada menu ini sudah terlihat semua file - file yang tidak berguna yang masih tersimpan di penyimpanan Laptop atau Pc kamu. Setelah selesai memilih file - file sampah yang akan di hapus dari Laptop atau PC kamu lanjutkan dengan memilih Remove file. Tunggulah beberapa saat sampai program ini selesai menghapus semua file sampah yang sudah dipilih tadi.

Nah, itulah tadi langkah - langkah menghapus junk file di Windows 10 menggunakan fitur Storage sense. Perlu kamu ketahui fitur ini hanya tersedia untuk Windows 10 versi Fall Creator ke atas. Jika kamu belum menggunakan versi ini maka kamu belum bisa menggunakan fitur Storage sense yang sangat berguna ini.

3. Menggunakan aplikasi dari  pihak ketiga


Banyak aplikasi pihak ketiga yang menawarkan fitur yang sama yaitu membersihkan file - file sampah di Laptop atau PC, Namun kali ini saya menggunakan aplikasi CCleaner. Aplikasi yang cukup populer ini mempunyai fitur diantaranya menghapus junk file, uninstall aplikasi hingga disk defragment.

Menurut saya aplikasi ini yang terbaik karena disamping gratis juga sangat mudah digunakan dan juga ringan. tetapi jika kamu ingin yang premium aplikasi ini juga menyediakan versi yang premium tentunya dengan fitur tambahan lainnya. Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah.

  • Download dan Install




Langkah pertama Download aplikasi CCleaner. Kamu bisa Mendownload di situs resmi CCleaner. Aplikasi ini bisa diinstal di Laptop atau PC yang menggunakan Operating System Windows 7, 8 dan 10. Setelah di download selanjutnya Instal aplikasinya.

  • Jalankan aplikasi CCleaner


Setelah diinstal langkah selanjutnya buka dan jalankan aplikasi CCleaner. Pada menu CCleaner pilih Analyze. Tunggu aplikasi ini untuk melakukan scanning pada system. Setelah selesai melakukan scanning selanjutnya klik Run Cleaner. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi CCleaner ini selesai menghapus file - file sampah yang ada di Laptop atau PC kamu dan kamu bisa menutup aplikasi jika file - file sampah sudah terhapus semua.

  • Lakukanlah secara berkala

Sangat penting untuk dilakukan pembersihan junk file ini secara berkala. Pembersihan bisa dilakukan setiap seminggu sekali atau jika Laptop dan PC kamu sudah terasa berat dan lelet. Dengan melakukan pembersihan secara berkala tentunya kamu bisa bekerja mengunakan Laptop kamu dengan nyaman dan tidak khawatir lagi dengan Laptop yang Lelet.

Nah, itulah beberapa Tips membersihkan file sampah di Laptop dan PC yang saya berikan. Ingat selalu merawat Laptop dan PC kamu selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Lihat Komentar

0 Response to "Tips membersihkan file sampah di Laptop dan PC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel