Ini dia 8 Cara Mengatasi "Sayangnya aplikasi telah terhenti" di HP Android


Hallo sobat Mithaku, apakah kamu pernah mengalami masalah pada aplikasi di smartphone Android kamu? Seperti misalnya muncul notifikasi seperti ini Sayangnya aplikasi telah terhenti. Nah, pastinya hal itu membuat sedikit kesal apalagi sedang asyik bermain smartphone kamu.

Apabila kamu mengalami hal ini, kamu tidak perlu panik ataupun sampai membanting HP kamu :v Berikut ini Saya akan berikan tips untuk mengatasi aplikasi yang terhenti mendadak di smartphone Android kamu.

Penyebab aplikasi terhenti di smartphone Android

Setiap pengguna smartphone Android, pasti pernah mendapat notifikasi Sayangnya aplikasi telah berhenti atau Unfortunately app has stopped pada saat sedang asyik menggunakan smartphone Android. Sebelum membahas cara mengatasi Aplikasi terhenti ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu apa yang menyebabkan aplikasi itu tiba - tiba terhenti. Berikut adalah beberapa penyebabnya :

1. Memori RAM yang mulai penuh

*Source image : solocybercity..com

Memori RAM pada smartphone Android mempunyai peranan yang sangat penting dalam tugas menjalankan berbagai jenis  aplikasi pada smartphone. Nah jika kapasitas memori RAM yang sangat terbatas dan juga banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang tentu saja membuat memori menjadi penuh.

Dengan kondisi yang seperti ini, terkadang terdapat  aplikasi yang ingin kamu jalankan akan kehabisan kapasitas memori dan akan menyebabkan terjadi error pada saat dibuka atau justru tidak dapat digunakan sama sekali.

2. File Cache aplikasi yang menumpuk

*Source image : jurnalapps.co.id

Setiap sistem operasi pada Android akan selalu menyimpan file cache di dalam aplikasi untuk mempercepat proses pada saat kamu menggunakanya aplikasi tersebut di kemudian waktu. File cache tersebut akan selalu menumpuk jika dalam jangka waktu yang lama tidak dibersihkan dan akan menyebabkan penurunan performa pada smartphone kamu. Termasuk pada saat menjalankan aplikasi.

3. Aplikasi tidak kompatibel dengan Sistem Operasi

*Source image : merdeka .com

Semakin berjalannya waktu, sistem operasi dan aplikasi pada Android akan mendapatkan update terbaru untuk meningkatkan performa pada smartphone tersebut dan memperbaiki masalah lainnya. Jika kamu pengguna smartphone Android yang bisa dibilang jadul, bisa saja aplikasi yang baru tersebut tidak kompatibel lagi dengan sistem operasi yang kamu gunakan.

Seperti contoh misalnya jika kamu menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android 4.4 KitKat kemudian aplikasi tersebut minimal membutuhkan sistem operasi Android 5.0 Lollipop, tentu saja aplikasi tersebut tidak akan bisa digunakan.

Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di smartphone Android

Itulah tadi beberapa penyebab terhentinya aplikasi pada smartphone android. Nah jika kalian sudah mengetahui penyebab aplikasi terhenti, berikut beberapa tips untuk mengatasi masalah aplikasi terhenti pada smartphone Android kamu. Silahkan simak tipsnya di bawah berikut.

1. Menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang

*Source image : pcworld,com

Salah satu faktor penyebab terjadinya aplikasi Android menjadi error adalah kapasitas memori RAM yang digunakan sudah penuh. Solusi yang pertama kali yang dapat kamu lakukan adalah dengan cara  membersihkan atau mengentikan aplikasi yang aktif dan berjalan pada latar belakang atau background.

Cara melakukannya, pada kebanyakan type smartphone kamu bisa tap tombol pada Recent Apps dan menekan ikon "X" atau membersihakannya untuk menghapus semua proses aplikasi yang berjalan di latar belakang.

2. Menghapus Cache dan Data aplikasi

*Source image : topworldgames,com

Aplikasi yang telah berhenti mendadak pada Android bisa jadi disebabkan karena file cache dan terdapat data yang error di aplikasi tersebut. Kamu bisa mengatur pada manajemen aplikasi dengan cara menghapus file cache dan data aplikasi pada smartphone Android kamu secara berkala.

Caranya kamu tinggal masu ke menu Settings >> kemudian cari opsi App & notifications >> lalu pilih Aplikasi >> Storage >> Clear Cache dan Clear Data untuk menghapus file cache dan data aplikasi yang error. Atau kamu bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga seperti CCleaner maupun aplikasi pembersih sejenis lainnya yang bisa kamu download di Playstore.

3. Cek kartu memori SD atau SDcard

*Source image : recovery-android,com

Kebanyakan semua smartphone pada saat ini sudah dibekali dengan slot untuk kartu microSD eksternal tambahan untuk menyimpan berbagai macam file termasuk juga beberapa aplikasi. SDcard yang error terkadang juga dapat membuat aplikasi pada Android akan terhenti bahkan pada saat kamu menggunakannya.

Untuk langkah yang bisa dilakukan, kamu dapat mengatasinya dengan cara mematikan smartphone kamu terlebih dahulu kemudian mengecek kondisi SDcard yang kamu gunakan. Jika dirasa sudah corrupt atau rusak ganti SDcard kamu dengan SDcard yang baru. Kemudian nyalakanlah smartphone kamu kembali.

4. Me-restart Smartphone

*Source image : theandroidsoul,com

Error yang terjadi pada aplikasi Android yang terhenti mendadak pada saat kamu gunakan ternyata dapat juga disebabkan beberapa hal. Mulai dari aplikasi itu sendiri maupun sinyal internet tidak stabil yang kamu gunakan. Cara yang sangat mudah dilakukan adalah dengan melakukan restart pada smartphone Android kamu.

Dengan cara yang sangat simple ini, smartphone Android kamu tentu akan dihidupkan kembali dengan kondisi yang fresh seperti keadaan awal kali digunakan. Jika kamu rasa cukup belum yakin, kamu bisa menonaktifkan smartphone untuk beberapa menit sebelum menyalakannya kembali.

5. Uninstall dan menginstall ulang aplikasi

*Source image : divertone,com

Bila cara sebelumnya masih tidak mendapatkan hasil, kamu dapat melakukan uninstall aplikasi dan meng-install ulang aplikasi yang mengalami error. Hal ini bisa juga disebabkan karena ada beberapa data aplikasi yang error atau corrupt sehingga aplikasi tersebut tidak dapat berjalan dengan semestinya.

Cara ini memang membutuhkan kuota internet untuk melakukan install ulang pada aplikasi atau kamu bisa mencari wifi gratis untuk melakukan install ulang tersebut. Cara ini mungkin bisa membuat aplikasi tersebut menjadi normal kembali dan kamu bisa  menggunakannya lagi dengan normal.

6. Update aplikasi dan sistem operasi ke versi yang baru

*Source image : android,gadgethack.com

Update atau memperbarui aplikasi Android bisa saja salah satu solusi yang dapat mengatasi permasalahan pada aplikasi Android yang terhenti pada smartphone kamu. Pembaruan pada aplikasi selain dapat mengatasi aplikasi yang error atau corrupt, juga dapat menghilangkan beberapa bug atau kesalahan yang mungkin saja menjadi akar permasalahan tersebut.

Tidak hanya update pada aplikasi, kamu juga tentunya wajib untuk memperbarui pada sistem operasi Android versi yang lama menjadi versi yang lebih baru. Hal ini disebabkan karena kebutuhan minimal pada aplikasi pasti akan meningkat dari kurun waktu ke waktu.

7. Factory reset atau reset data pabrik

*Source image : digitaltrends,com

Apabila ternyata semua cara di atas sudah kamu coba dan ternyata belum mempan, kamu dapat mencoba melakukan factory reset atau reset data pabrik pada smartphone Android kamu. Walau cara ini belum pasti juga mengatasi masalah pada aplikasi terhenti, setidaknya cara ini akan membantu mengembalikan kondisi smartphone Android kamu seperti semula dan tentunya smartphone kamu akan terasa lebih ringan.

Untuk caranya kamu bisa pergi ke menu Settings pada smartphone >> cari opsi System >> kemudian Reset options >> dan Erase all data atau factory reset. Cara ini bisa saja berbeda tergantung dari jenis dan model smartphone Android yang kamu gunakan.

Namun, sebelum kamu melakukan factory reset pastikan kamu sudah melakukan backup semua data - data yang penting dengan baik. Karena untuk cara ini akan menghapus semua data pada memori internal, termasuk itu aplikasi, foto dan video yang tersimpan di smartphone Android kamu.

Nah, itu dia tadi beberapa penyebab sayangnya aplikasi telah terhenti dan cara mengatasinya pada smartphone Android. Selamat mencoba dan semoga artikel ini membantu.
Lihat Komentar

0 Response to "Ini dia 8 Cara Mengatasi "Sayangnya aplikasi telah terhenti" di HP Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel