Cara Menghindari Kerusakan Jaringan Komputer dari Virus

Saat Jaringan kamu mengalami crash atau rusak karena terkena virus, bagaimanakah cara mengatasi jaringan yang terkena virus ? Ada beberapa solusi yang harus kamu lakukan. Banyak sekali virus yang menyerang jaringan pada perangkat komputer seperti pada tahun 2016 silam ada virus yang bernama WannaCry hiikksss jadi pengen nangis denger namanya 😢. Ketika jaringan yang sudah terkena virus tersebut, semua perangkat komputer yang terhubung pada jaringan dalam satu server akan di enkripsi file dan berkas documen pada perangkat komputer tersebut. Kita harus membayar sebesar 2 juta rupiah dalam bentuk mata uang digital atau Bitcoin, Wow 2 juta untuk 1 perangkat omputer?, tidak bisa terbayang jika perangkat komputer sangat banyak yang terkena virus tersebut.

*Source image : www.turkishny.com

Tidak sedikit para teknisi mengeluh saat jaringannya sudah terjangkit virus pada jaringan dan akan mengalami kerusakan pada traffic. Jika environment jaringan kamu sudah terinfeksi dengan virus yang mengakibatkan sistem kamu dibanjiri oleh program-program yang sangat berbahaya (malicious programs), maka jaringan tersebut akan mengalami suatu congestion yang mengarah pada kelambatan sistem jaringan kamu, dan bahkan juga bisa menghentikan layanan jaringan kamu. Lalu sebagai pengguna layanan jaringan bagaimanakah cara menghindari agar jaringan kita terhindar dai virus tersebut? berikut beberapa tips agar jaringan pada perangkat kamu terlindungi.


Melindungi Jaringan menggunakan Anti Virus BitDefender


Kamu membutuhkan proteksi jaringan yang sangat kuat untuk menghindari dari serangan virus Trojan atau berbagai macam serangan virus jaringan lainnya. Software antivirus yang di install dan terpusat pada server anti virus yang dapat mendistribusikan signature data secara otomatis kepada client akan memberikan peringatan secara otomatis kepada seluruh client yang terhubung pada jaringan tersebut. Dan jika ingin mendapatkan proteksi yang sangat kuat dan proaktif maka software keamanan pada jaringan corporate BitDefender merupakan solusi untuk kamu mecegah terjadinya jaringan yang terjangkit virus.

*Source image : vnitnews.com

BitDefender Corporate Security merupakan solusi untuk memanajemen pada keamanan bisnis yang cukup tangguh dan sangat mudah untuk digunakan yang bisa memberikan proteksi secara proaktif terhadap ancaman dari serangan virus, spyware, malware, spamming, phising, dan rootkits sejenis lainnya. BitDefender Corporate Security mengoptimalkan produktifitas bisnis kamu dan mengurangi biaya dari akibat virus malware dan berbagai jenis lainnya dengan cara memusatkan pada administrasi, kendali workstation, dan proteksi, sekaligus juga file-file penting, email dan lalu lintas internet didalam jaringan kamu.


Menggunakan WSUS (Windows System Update Services)


Saat coorporate kamu menggunakan jaringan pada windows, maka menggunakan fungsi WSUS (Windows System Update Services) merupakan suatu keharusan bagi para pengguna jaringan pada windows untuk menghindari terjadinya serangan virus pada jaringan. WSUS (Windows System Update Services) secara otomatis mengupdate pada patches critical windows kamu, security patches, dan windows critical update untuk client pada saat dirilisnya update terbaru dari Microsoft. Client kamu tidak perlu melakukan update melalui  internet, melainkan cukup menghubungkan ke server WSUS, sehingga dapat mengurangi beban bandwidth pada internet kamu, sebab hanya pada server WSUS saja yang terhubung melalui internet untuk mendownload update terbaru.

*Source image : microsoftofficefix.com

Serangan Virus biasanya terjadi ketika adanya kelemahan pada sistem jaringan kamu yang sudah diketahui, windows update akan memberikan patche vulnerabilitiy (menambal lubang pada titik lemah) sehingga dapat menjaga kemungkinan untuk terjadinya serangan terhadap celah kelemahan pada sistem ini. Mengantisipasi terhadap serangan virus yang mengakibatkan lambatnya jaringan kamu jauh lebih baik terhadap para client kamu. Regulasi dan kebijakan masalah penggunaan Email dan juga kebijakan penggunaan jaringan internet sangat membantu dalam masalah ini.

Hindari mengunduh sembarang Software berbahaya

*Source image : www.ecommercetimes.com

Mendownload sembarang software juga bisa menyebabkan terjadinya serangan virus pada jaringan, bisa saja program yang kamu download disisipi virus dari penyedia software tersebut. Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu melindungi kamu dari virus software yang tidak diinginkan.
  • Jika ingin mendownload sebuah software, downloadlah hanya program dari situs web yang terpercaya. Apabila kamu tidak percaya pada program yang ingin di download, masukkan nama program ke search engine untuk melihat apakah ada orang lain yang telah melaporkan bahwa program tersebut berisikan spyware.
  • Pentingnya untuk membaca peringatan keamanan, lisensi, dan privasi yang terkait dengan software yang di download.
  • Hindari mengeklik Setuju atau OK untuk menutup jendela yang kamu curigai sebagai virus spyware. Sebaiknya, klik tanda X merah di bagian pojok atas jendela atau dengan cara menekan tombol Alt + F4 pada keyboard untuk menutup jendela tersebut.
  • Tetaplah waspada terhadap program berbagi file film atau musik populer secara gratis, dan pastikan bahwa kamu memahami semua software yang dikemas di dalam program tersebut.
Nah, itulah tadi beberapa tips cara menghindari Kerusakan Jaringan pada komputer dari virus, semoga tips tadi bermanfaat.
Lihat Komentar

0 Response to "Cara Menghindari Kerusakan Jaringan Komputer dari Virus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel