Cara mengoptimalkan kinerja RAM pada smartphone Android


Setiap pengguna smartphone pasti pernah mengalami penurunan performa smartphone hingga terasa berat dan lelet saat menjalankan aplikasi. Banyak faktor yang bisa menyebabkan smartphone kamu lelet diantarnya adalah terlalu banyak aplikasi. Kapasitas RAM juga sudah mulai sedikit sehingga smartphone menjadi lelet dan terasa sangat mengganggu terutama saat bermain game. Banyak aplikasi yang aktif di latar belakang dan lain sebagainya.

Nah, jika aplikasi terlalu banyak aktif di latar belakang tentunya sangat banyak memakan RAM. RAM atau Random Access Memory adalah sebuah perangkat yang mengakses memori untuk membaca suatu data yang tersimpan di sebuah smartphone. Jika kamu ingin membeli smartphone baru, kapasitas RAM ini sangat perlu di perhatikan mengingat aplikasi sekarang banyak menggunakan data yang berat sehingga perlu kapasitas RAM yang lebih besar juga untuk kecepatan membaca data aplikasi tersebut.

Lalu bagaimanakah cara mengatasinya jika RAM smartphone kamu sudah mulai penuh dan terasa lelet? berikut beberapa tips agar RAM kamu kembali lega dan ringan.

1. Menonaktifkan widget dan live walpapper

Personalisasi pada smartphone yang menggunakan tambahan widget atau live wallpaper memang dapat membuat tampilan smartphone kamu menjadi lebih keren dan elegan. Namun meskipun begitu, widget dan live wallpaper tersebut akan menghabiskan begitu banyak space pada memori RAM. Bukannya menjadi lebih cepat atau ringan, karena sering me-refresh perangkat kamu justru akan malah lebih banyak menguras daya pada baterai smartphone kamu.


Maka dari itu, langkah yang paling tepat untuk dilakukan ialah membatasi pemasangan widget dan mematikan fitur live wallpaper untuk mengoptimalkan kinerja RAM agar terasa lebih ringan.



2. Menonaktifkan Aplikasi

Sebagian besar selain memakan banyak ruang pada penyimpanan, aplikasi juga memakan kapasitas RAM yang cukup banyak, walaupun aplikasi tersebut sedang tidak digunakan. Oleh karena itu, kamu dapat memilih aplikasi mana saja yang harus dan yang tidak harus berjalan di background. Dengan demikian, performa smartphone kamu pun akan menjadi lebih optimal.
Untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak kamu inginkan, kamu bisa masuk ke Setting pada smartpone, kemudian pilihlah menu Application Manager. Selanjutnya, kamu akan masuk ke dalam daftar seluruh aplikasi yang di install pada smartphonemu.


Akan tetapi jangan pernah untuk menonaktifkan semua aplikasi. Sebaiknya pilihlah aplikasi yang jarang kamu gunakan, atau jika memang aplikasi tersebut tidak pernah digunakan sama sekali lebih baik meng-uninstall aplikasi tersebut.



3. Mengurangi skala animasi

Terkadang animasi seringkali juga banyak memakan memori RAM, tidak ada salahnya kamu mengurangi skala animasi tersebut untuk mengurangi konsumsi memori pada RAM yang berlebihan di smartphone kamu. Cara mengurangi skala aminasi, kamu bisa masuk ke setting kemudian aktifkan menu Developer option, caranya pada menu Setting kemudian pilih About Phone.


Kemudian langkah selanjutnya ketuk beberapa kali pada Build Number hingga ada pemberitahuan bahwa Developer Option sudah aktif, lalu masuk ke menu Developer Option tersebut.


Setelah masuk ke menu Developer Option, Selanjutnya, scroll ke bawah cari opsi yang bisa dikurangi skalanya di antaranya adalah Windows animation scale pilih skala .5x, Transition animation scale pilih skala .5x, dan Animation duration scale pilih skala .5x. Dengan demikian langkah tersebut mengurangi efek skala animasi saat kamu membuka aplikasi sehingga dapat meringankan kinerja RAM dan smartphone kamu juga akan terasa lebih ringan.

Nah itulah tadi beberapa tips untuk mengoptimalkan kinerja RAM pada smartphone android, Selain langkah diatas ada baiknya kamu melakukan reset pabrik pada smartphone mu secara berkala jika dirasa langkah tersebut tidak mempan. Karena setelah reset pabrik smartphone kamu akan seperti baru lagi. Demikian artikel ini saya buat semoga bermanfaat.
Lihat Komentar

0 Response to "Cara mengoptimalkan kinerja RAM pada smartphone Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel