Cara Reset ulang smartphone Android


Hallo sobat Mithaku, apakah pernah kamu melakukan reset data pada smartphone android kamu?Bagi sebagian besar untuk pengguna smartphone Android, pastinya pernah melakukan factory reset atau reset data pabrik karena disebabkan beberapa hal, seperti misalnya smartphone mengalami bootloop, kondisi dimana smartphone android yang sudah tidak prima lagi, kerusakan pada perangkat lunak, dan masih banyak hal yang lainnya.

Factory reset atau reset data pabrik itu sendiri bertujuan untuk mengembalikan keadaan smartphone android seperti baru lagi. Dengan kata lainnya semua data - data dan file - file yang tersimpan di dalam memori Internal akan terhapus semua. Dan smartphone akan kembali lagi dengan kondisi yang seperti baru lagi.

Dan karena banyaknya pengguna yang memiliki smartphone Android khususnya di Indonesia, maka kali ini saya akan memberikan cara mudah untuk mereset ulang smartphone Android agar seperti baru lagi. Semua pengguna smartphone android pasti bisa menerapkannya. Bagaimana melakukannya? langsung saja simak caranya dibawah berikut.

3 Cara Factory reset atau reset data pabrik smartphone Android


1. Melalui menu setting pada smartphone

Cara pertama yang paling mudah untuk melakukan factory reset atau reset data pabrik agar smartphone android kembali seperti baru lagi adalah melalui fitur factory reset yang pada umumnya sudah disediakan dari smartphone android itu sendiri.

Namun sebelum melakukan langkah ini, pastikan jika kondisi baterai smartphone android yang akan kamu reset data pabrik masih dalam keadaan terisi minimal 80%. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya gagal reset ulang atau hal - hal lainnya yang tidak diinginkan selama proses reset data pabrik berlangsung. Dan juga pastikan kamu sudah melakukan back up file dan data yang dirasa penting. Seperti foto, kontak, pesan dan lainnya. Jika sudah melakukan kedua langkah tersebut, langsung saja ikuti langkah - langkah berikut.

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, masuk ke menu setting pada smartphone Android kamu
2. Pada menu setting, carilah opsi Backup & reset


3. Kemudian pilih opsi Factory data reset


4. Dan terakhir pilih Reset Phone.



Tunggulah beberapa saat, Untuk lama atau tidaknya proses reset data pabrik ini tergantung banyaknya dan besarnya jumlah data yang tersimpan pada smartphone android kamu. Jika sudah selesai proses reset data, smartphone kamu akan restart dengan sendirinya.


2. Melalui System Recovery Android

Pada umumnya untuk metode factory reset melalui system recovery mode android ini dilakukan bagi pengguna smartphone android yang apabila pengguna tersebut tidak bisa mengakses ke menu utama atau menghidupkan dengan normal smatrphone android-nya. Nah, kegagalan saat melakukan proses booting saat menghidupkan smartphone android ini sering disebut dengan bootloop.

*Source image : common.wikimedia.org

Sebelum memulai langkah untuk melakukan factory reset atau reset data pabrik dengan metode ini, pastikan jika baterai smartphone yang akan kamu reset data masih dalam keadaan terisi daya. Setidaknya kondisi minimal baterai diatas 80%. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kegagalan saat proses reset data atau hal - hal yang tidak diinginkan misalnya smartphone-mu mati karena kehabisan baterai selama proses reset ulang berlangsung nanti.

Untuk langkah - langkahnya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, matikan smartphone kamu atau jika sudah keadaan mati, masuklah ke menu recovery mode dengan cara menekan tombol power + home + tombol volume atas secara bersamaan hingga smartphone kamu bergetar dan masuk ke menu recovery mode. Catatan : berbeda jenis atau type smartphone juga berbeda cara masuk ke menu recovery mode.
  2. Pada menu recovery mode ini, gunakan tombol volume atas dan tombol volume bawah untuk memilih navigasinya, Kemudian cari opsi Wipe data/factory reset.
  3. Tunggulah hingga beberapa saat sampai proses reset data selesai.
  4. Jika proses reset data sudah selesai, Pilih opsi Reboot system now. Dan smartphone kamu akan restart.

3. Melalui kode kombinasi rahasia

Kenapa ini disebut dengan kode rahasia? Nah, karena kode unik yang dipakai untuk melakukan factory reset ini hanya sedikit atau belum banyak pengguna smartphone android yang mengetahuinya. Umumnya cara ini juga dinilai sangat praktis dan sangat cepat dalam hal melakukan reset data pabrik pada smartphone android seperti baru lagi. Kode ini biasanya digunakan saat factory test di pabrik untuk melakukan settingan awal sebelum smartphone android itu di pasarkan.


Untuk caranya sangatlah mudah, pada dial pad kamu hanya perlu memasukan nomor berikut : *2767*3855# yang nantinya kamu akan diarahkan ke fitur Factory Reset atau reset data pabrik. Fungsi kode ini bertujuan untuk melakukan factory reset atau reset data pabrik untuk mengembalikan smartphone android kamu seperti setting awal lagi dengan kondisi seperti smartphone baru di beli. Namun, perlu kamu ketahui, untuk fungsi tersebut nantinya akan memberi dampak pada :

  1. Menghapus semua data - data dan file - file yang  tersimpan di dalam penyimpanan memori Internal smartphone tersebut.
  2. Untuk semua file - file dan data - data yang tersimpan di memori eksternal atau SDcard tidak akan ikut terhapus.
  3. Semua aplikasi baik itu game, data atau file, ataupun pengaturan yang kamu simpan semuanya akan terhapus.
  4. Meng-install ulang kembali firmware seperti saat pertama kali kamu membeli smartphone tersebut.
Nah, itulah tadi 3 cara untuk melakukan Factory reset atau reset data pabrik untuk smartphone Android. Kamu bisa memilih salah satu cara di atas untuk melakukan reset data. Tetapi perlu diingat, sebelum melakukan Factory reset atau reset data pabrik, pastikanlah untuk selalu melakukan backup untuk menyimpan data atau file kamu yang disara cukup penting dan setelah melakukan reset data kamu bisa melakukan restore untuk mengembalikan file atau data yang penting tersebut. Demikian tutorial ini saya buat selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Lihat Komentar

0 Response to "Cara Reset ulang smartphone Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel