Fungsi dan pengertian file cache pada Android


Hallo sobat Mithaku, Mungkin kamu pernah mendengar yang namanya file cache pada smartphone android maupun Laptop atau PC. Tidak sedikit pengguna android yang pasti belum tahu banyak tentang apa itu file cache pada smartphone android, maka dari itu kali ini saya akan membahas secara lengkap dan mendalam mengenai file cache pada android tersebut. Mulai dari apa arti file cache tersebut, fungsinya, hingga cara membersihkan file cache beserta efek yang ditimbulkan. Untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya di bawah berikut hingga tuntas.

Apa itu file cache?


File cache atau file tembolok adalah tempat untuk penyimpanan data yang bersifat sementara. Ketika saat kamu membuka aplikasi, browser, dan game di smartphone Android, file cache ini akan merekam apa yang kamu akses baik itu semua data - data hasil dari aktifitas yang pernah kamu lakukan pada browser atau aplikasi tersebut.

Fungsi dari Cache


Melanjutkan dari pembahasan yang di atas tadi, fungsi dari file cache adalah sebagai media perekam data - data pada suatu aplikasi yang dijalankan dan terinstall di setiap perangkat seperti Android maupun PC atau laptop.

Seperti contoh misalnya, jika kamu mempunyai aplikasi atau browser yang terpasang pada smartphone android, dan jika aplikasi atau browser tersebut sering kamu akses dan menggunakannya untuk browsing apapun ke dalam berbagai situs yang akan memberikan hasil dari apa yang kamu cari di dalam internet tersebut, maka data dari situs - situs tersebut (yang berupa gambar atau lainnya) akan disimpan secara otomatis ke dalam file cache di aplikasi browser tersebut.

Dan untuk efeknya, jika kamu suatu saat kembali mengunjungi situs yang tadi sebelumnya pernah kamu akses dalam keadaan file cache yang masih tersimpan dan belum terhapus, maka untuk akses selanjutnya akan lebih cepat dari pada akses untuk pertama kalinya. Hal ini dikarenakan data dari situs tersebut sudah terekam dan tersimpan ke dalam file cache. Nah sampai pembahasan ini kamu sudah mengerti kan apa itu cache dan fungsinya? Kita lanjut ke pembahasan berikutnya.

Cara menghapus file cache di Android

Pada umumnya ada 2 cara untuk menghapus file cache di Android dengan cara manual atau tanpa menggunakan bantuan aplikasi dari pihak ketiga.

1. Menghapus file cache di aplikasi tertentu

Pada smartphone kamu, masuklah ke menu setting kemudian cari opsi Apps >> pilih aplikasi yang ingin kamu hapus file cache nya >> lalu pilih opsi Storage >> dan Clear cache.


2. Menghapus file cache di semua aplikasi Android

Jika cara di atas adalah menghapus cache hanya pada satu aplikasi tertentu yang dipilih saja, untuk cara yang kedua ini kamu bisa menghapus file cache yang tersimpan semua di aplikasi pada smartphone Android kamu. Caranya pada smartphone kamu, masuklah ke menu setting >> kemudian cari opsi Storage >> lalu pilih opsi Cache data >> kemudian jika muncul pop up Clear cached data? dan pilih OK untuk menghapus semua data file cache yang tersimpan.


Namun, opsi ini bisa saja berbeda tergantung jenis dan type dari smartphone Android kamu dan fungsi hapus file cache ini tetap sama.

Apa efek dari menghapus file cache?

  1. File cache yang tidak dihapus atau dibiarkan dalam jangka waktu panjang akan mengakibatkan file cache tersebut terus menyimpan data - data yang ukurannya semakin hari semakin membesar jika hal tersebut dibiarkan. Maka, efek dari menghapus file cache pada aplikasi ini adalah mengembalikan semua kapasitas memori yang terpakai pada smartphone android seperti keadaan semula dan fresh lagi.
  2. Sangat membantu kamu yang mempunyai smartphone Android dengan spesifikasi yang pas pasan atau rendah, karena pada processor dan memori RAM tidak terlalu dibebani untuk membaca file cache yang terus menumpuk. 
  3. Menghapus file cache dapat membuat loading pada aplikasi atau browser misalnya saat kamu membuka aplikasi atau browser maka loading akan menjadi sedikit lebih lama karena semua rekaman aktifitas dari file cache itu sudah terhapus.
  4. Saat file cache terhapus dan harus memulai lagi loading dari awal untuk memuat rekaman data  yang baru pada suatu situs web di browser atau aplikasi lainnya misalnya saat memulai membuka browser, maka akan sedikit membutuhkan kuota data intenet yang cukup relatif besar.
  5. File cache yang semakin meumpuk dan semakin membesar ukuran datanya jika itu dibiarkan dapat membuat baterai smartphone kamu menjadi boros, oleh karen itu dengan menghapus file cache tersebut akan menghemat penggunaan baterai pada smartphone kamu.
Nah, itulah tadi sedikit pembahasan tentang apa itu cache, fungsinya dan efeknya seperti apa pada smartphone Android. Jangan lupa untuk membersihkan file cache di smartphone Android kamu secara berkala untuk mendapatkan kinerja smartphone yang optimal. Sekian artikel ini saya bahas semoga bermanfaat.
Lihat Komentar

0 Response to "Fungsi dan pengertian file cache pada Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel