Tips agar HP tidak cepat panas saat bermain game


Hallo sobat gamer Mithaku, Pastinya kamu pernah mengalami kejadian dimana suhu pada smartphone android kamu cepat panas saat bermain game tertentu? Bila kamu mengalami hal tersebut, maka kamu disini kamu membaca artikel yang tepat untuk membahas hal itu.

Seperti yang kamu ketahui, beberapa smartphone android dikenal mempunyai ketahanan baterai yang kurang baik. Jika dipikir secara logika, tentu saja hal tersebut pasti ada penyebabnya. Baterai smartphone android yang mengalami penurunan performa disebabkan beberapa faktor, misalnya saja seperti kondisi baterai smartphone tersebut yang sudah tidak layak pakai.

Nyatanya hal tersebut juga berkaitan dengan suhu pada mesin di smartphone androidmu yang menjadi sangat cepat panas saat memainkan sebuah game. Untuk menangani hal tersebut, kamu bisa mengikuti beberapa tips agar HP tidak cepat panas yang telah saya berikan di bawah berikut ini.

Matikan aplikasi yang berjalan pada background

Tanpa kita sadari, ternyata cukup banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang yang tanpa kita sadari berjalan dengan sendirinya sehingga membuat baterai smartphone android cepat panas. Apalagi kamu masih tetap memaksakan untuk bermain game offline maupun online yang memerlukan kinerja memori RAM yang cukup besar, tentu saja hal itu akan membuat smartphone andoid menjadi terbebani.

Untuk mengecek aplikasi mana saja yang berjalan pada latar belakang di smartphone androidmu, kamu bisa mengeceknya melalui menu Settings >> Application Manager >> kemudian pilih menu Running. Pada menu ini, kamu bisa mengecek aplikasi mana saja yang sedang aktif pada latar belakang di smartphone androidmu. Jika aplikasi tersebut dirasa tidak sedang digunakan, kamu bisa menonaktifkan aplikasi tersebut dengan cara menghentikan paksa atau force stop.

Namun jika kamu tidak ingin ribet atau ingin lebih cepat menonaktifkan aplikasi yang berjalan pada latar belakang di smartphone android kamu, maka kamu bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga seperti CCleaner yang bisa kamu download melalui Playstore. Tidak hanya berfungsi sebagai membersihkan file sampah saja, aplikasi ini juga mempunyai fungsi untuk menghentikan secara paksa atau force close aplikasi dalam waktu cukup singkat.

Jangkauan sinyal harus cukup baik

Saat kamu sedang ingin memainkan sebuah game online, maka usahakanlah jangkauan sinyal smartphone android kamu berada dalam cangkupan yang terbaik untuk menangkap sinyal. Jika kamu berada di daerah yang minim cangkupan sinyal dan tetap memaksakan untuk bermain game tersebut, jelas saja smartphone kamu akan cepat panas.

Hal tersebut disebabkan karena dengan jaringan sinyal yang kurang baik, smartphone kamu akan terus menerus mencari sinyal untuk mendapatkan sinyal yang terbaik. Nah, karena smartphone kamu bekerja keras untuk mencari sinyal yang terbaik, hal tersebut yang mengakibatkan smartphone androidmu cepat panas.

Untuk solusi lainnya, kamu bisa juga menggunakan jaringan WiFi pada saat memainkan game online tersebut. Atau alternatif lainnya adalah kamu bisa beralih provider yang kamu gunakan sekarang ini, dengan provider yang lebih bagus dan memiliki jaringan sinyal yang cukup baik di daerahmu.

Matikan data paket saat bermain game offline

Jika saat kamu sedang bermain game offline, karena tidak memerlukan data paket sebaiknya jaringan smartphone android sebaiknya dalam keadaan nonaktif atau bisa juga menggunakan airplane mode. Melainkan dengan game online yang harus membutuhkan koneksi data pada server secara real-time untuk dapat terhubung dengan game tersebut.

Oleh sebab itu, sebaiknya matikanlah koneksi internet di smartphone androidmu saat kamu sedang bermain game offline. Adapun keuntungan yang bisa kamu dapat yaitu smartphone Androidmu tidak akan cepat panas dan jika ada iklan di dalam game tersebut, maka tidak akan mengganggu kamu saat memainkan game tersebut karena iklannya tidak akan muncul.

Matikan Wifi, GPS dan Bluetooth jika tidak diperlukan

Wifi, GPS, maupun Bluetooth merupakan fitur yang sangat penting yang ada pada smartphone android untuk berbagai kebutuhan. Tetapi jika kamu sedang tidak memerlukan ketiga fitur tersebut, ada baiknya kamu menonaktifkan ketiga fitur tersebut untuk meningkatkat performa smartphone kamu.

Memang, salah satu penyebab smartphone android cepat panas saat sedang bermain game adalah kita tidak menyadari atau sering mengabaikan jika ada salah satu fitur Wifi, GPS, maupun Bluetooth yang hidup. Oleh sebab itu, periksalah ketiga sambungan tersebut sebelum kamu mulai memainkan game favoritmu untuk mendapatkan kinerja smartphone android yang lebih optimal.

Mengurangi tingkat kecerahan layar

Untuk tingkat kecerahan layar smartphone ternyata juga menjadi pengaruh pada saat kamu sedang bermain sebuah game di smartphone, baik itu game offline maupun game online. Jika kamu terus memaksakan untuk mengubah kecerahan layar pada tingkat maksimal, tidak saja membuat matamu perih juga bisa berdampak pada baterai smartphone android kamu akan cepat menurun.

Bukan hanya itu, ternyata kinerja smartphone android juga akan dibebani jika kamu mengubah kecerahan layar pada level maksimal. Lebih baik menggunakan mode kecerahan layar secara Auto, dimana smartphone kamu nantinya akan menyesuaikan tingkat kecerahannya saat kamu berada diruangan yang gelap maupun terang.

Sesuaikan spesifikasi smartphone dengan game yang dimainkan

Tidak sedikit dari pengguna smartphone android yang mengabaikan atau tetap memaksakan kinerja smartphonennya untuk bermain game - game yang tidak sesuai dari spesifikasi smartphone tersebut. Seperti yang kamu tahu, kinerja smartphone android saja sudah dibebani oleh banyak aplikasi dari sistem yang berjalan, jika kamu tambahkan lagi dengan bermain game yang berat tentu saja smartphone kamu akan cepat panas.

Ada baiknya sebelum ingin memainkan game tertentu, perhatikan minimum spesifikasi yang dibutuhkan dari game tersebut. Agar smartphone kamu tidak terlalu memaksakan dan tentunya kamu pun bisa bermain dengan lancar atau tidak ngelag karena spesifikasi smartphone kamu sudah diatas dari spesifikasi yang dibutuhkan dari game tersebut.

Mengganti baterai secara berkala

Baterai smartphone merupakan salah satu komponen penting yang harus kamu cek keadaannya. Jika baterai sedang dalam keadaan kurang baik, secara otomatis ketika kamu bermain game tertentu, hawa panas yang dikeluarkan oleh suhu mesin dan baterai mengakibatkan baterai ataupun smartphone akan cepat rusak.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu mengeceknya secara berkala untuk memastikan jika baterai smartphone yang kamu gunakan masih layak pakai atau tidak. Baterai smartphone android yang sudah tidak layak pakai ditandai dengan bentuk fisik yang mengembung seperti nyonya puff :v. Tetapi jika smartphone kamu menggunakan type baterai tanam, kamu juga bisa mengganti secara berkala baterai tersebut minimal pemakaian 2 tahun.

Menggunakan aplikasi pendingin tambahan

Untuk solusi yang terakhir, kamu bisa menggunakan aplikasi pendingin dari pihak ketiga untuk membantu mengatur suhu baterai smartphone android kamu saat bermain game. Banyak aplikasi yang menawarkan fitur pendingin untuk suhu baterai smartphone dan beberapa juga fitur lainnya seperti memonitor temperatur suhu, mendeteksi aplikasi yang mengalami overheating, dan tentunya dapat mengatur temperatur dari smartphone tersebut. Kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut melalui Playstore.

Nah, itulah tadi beberapa tips sederhana tetapi memberikan efek yang sangat berarti untuk kesehatan baterai maupun smartphone kamu sendiri. Semoga tips tadi bermanfaat dan happy gaming.
Lihat Komentar

0 Response to "Tips agar HP tidak cepat panas saat bermain game"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel