Cara mengembalikan file yang sudah terhapus di Flashdisk


Hallo sobat Mithaku, mungkin setiap pengguna flashdisk pernah mengalami file terhapus, entah itu disengaja maupun tidak disengaja. Apalagi file tersebut merupakan file yang sangat penting, misalnya seperti file skripsi kamu yang sudah sekian lama di buat tetapi dengan tidak sengaja kamu menghapus file skripsi tersebut bisa kamu bayangkan betapa sakitnya wkwkwk :v. Tapi kamu tidak perlu panik, sebab file yang sudah terhapus di flashdisk bisa kamu kembalikan lagi dengan sangat mudah. Baiklah kita langsung saja ke tutorialnya, ikuti langkah-langkah di bawah berikut ini.

Langkah Pertama

Untuk mengembalikan file yang sudah terhapus di flashdisk ini, disini kita membutuhkan sebuah aplikasi pihak ketiga yang bernama Recuva. Aplikasi ini merupakan satu developer dengan aplikasi CCleaner yaitu dari Piriform. Jika PC atau Laptop kamu lemot, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi CCleaner ini yang mempunyai fungsi untuk membersihkan file sampah di PC atau Laptop.


Dari beberapa pengalaman yang pernah saya temui, aplikasi Recuva ini mampu mengembalikan file yang sudah pernah terhapus sebelumnya di flashdisk baik itu foto, video, mp3, dan file dokumen lainnya. Aplikasi Recuva ini merupakan aplikasi gratis yang bisa kamu download di situs web resminya di sini dan ukurannya tidak terlalu besar sekitar kurang lebih 5Mb.

Langkah Kedua

Setelah selesai di download kemudian install aplikasi Recuva seperti biasa. Selanjutnya colokkan Flashdisk kamu ke PC atau laptop melalui USB Port yang ada.

Buka aplikasi Recuva, pada tampilan menu awal Recuva kamu akan diberi beberapa pilihan, apakah kamu ingin menghapus file yang tertentu saja misalnya gambar saja, atau video saja. Nah disini kamu pilih saja All Files untuk mengembalikan semua jenis file yang ingin kamu kembalikan lagi kemudian lanjutkan pilih Next.


Langkah Ketiga

Pada tahap ini, kamu dapat menentukan lokasi dimana file yang terhapus tersebut. Kemudian pilih USB Drive Flashdisk kamu kemudian klik OK dan Next.


Langkah Keempat

Selanjutnya, beri tanda centang pada kolom Enable Deep Scan, agar semua file yang terhapus dapat kamu kembalikan lagi lalu klik Start.


Dan aplikasi Recuva akan melakukan scanning secara otomatis.



Langkah Kelima

Setelah proses Scanning selesai, maka akan muncul kumpulan file-file yang pernah terhapus sebelumnya pada flasdisk kamu. Aplikasi ini akan memberi kamu tanda bulat yang berwarna berbeda pada setiap file-file yang ada di flashdisk.Jika warna bulat tersebut merah, itu artinya file tersebut sudah tidak bisa dikembalikan lagi. Sedangkan kebalikannya jika warna bulat tersebut berwarna hijau maka file tersebut dapat dikembalikan lagi.


Nah, jika file kamu inginkan kembali tersebut berwarna merah, tidak usah kecewa dulu. Karena pada tahap sebelumnya kamu sudah memberi tanda centang pada kolom Enable Deep Scan, file kamu yang berwarna merah tersebut "kemungkinan" dapat dikembalikan lagi.

Seperti misalnya contoh gambar diatas, pada file yang saya beri tanda panah pada file Skripsi diatas yang ingin saya kembalikan lagi seperti semula.

Langkah Keenam

Coba kamu scroll ke bawah, sampai kamu menemukan file dengan berisi nama angka saja akan tetapi tanda bulat pada file tersebut berwarna hijau. Nah, "Mungkin" dari beberapa file tersebut ada file yang kamu inginkan untuk di kembalikan. Setelah saya scroll ke bawah dan menemukan file yang mirip dengan file pada gambar yang diatas tadi. Maka kita beri saja tanda centang pada file-file yang berisi tanda bulat berwarna hijau tersebut kemudian pilih Recovery.


Langkah Ketujuh

Tentukan lokasi penyimpanan yang kamu inginkan untuk mengembalikan file-file yang sebelumnya sudah terhapus kemudian pilih OK. Setelah itu aplikasi Recuva akan melakukan proses Recovery.


Selesai. Kamu dapat langsung menuju lokasi tersimpan file yang sudah dikembalikan tadi sesuai lokasi yang dipilih tadi. Nah itu dia tadi cara mengembalikan file yang sudah terhapus di Flashdisk kamu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Lihat Komentar

0 Response to "Cara mengembalikan file yang sudah terhapus di Flashdisk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel