Apa itu APN? dan Bagaimana cara mengatur APN di smartphone atau MIFI

Apa itu APN?

APN adalah singkatan dari Access Point Name dan ini merupakan terminologi jaringan yang biasa digunakan untuk menggambarkan gateway yang digunakan pada perangkat seluler (smartphone, tablet, MiFi, dll) untuk dapat terhubung ke internet melalui jaringan operator seluler kamu. APN bukan hanya sebuah nama, APN itu terdiri dari serangkaian pengaturan yang dapat disesuaikan dengan tujuan menghubungkan ke internet. Smartphone kamu akan membaca pengaturan ini dan menggunakannya untuk mengatur koneksi yang berfungsi sebagai penghubung antara jaringan seluler kamu dan internet.

Jika dikonfigurasi dengan benar, operator seluler dapat membaca pengaturan APN yang kamu setting, dan memastikan semuanya diperiksa kembali, menentukan alamat IP kamu dan beberapa hal lainnya di back-end sebelum menghubungkan kamu ke internet untuk menjelajahi web dengan lancar. Di sisi lain, jika kamu memiliki masalah koneksi ke internet, kamu mungkin harus memeriksa apakah APN kamu sudah terkonfigurasi dengan benar.

Sementara operator seluler kamu bertanggung jawab untuk menghubungkan kamu ke internet, kamu juga harus memastikan bahwa semuanya sudah ada dan (APN) diatur dengan benar untuk mendorong koneksi internet yang lancar.

Source image : diginet.com

Cara mengatur APN

Umumnya, saat kamu membeli sebuah smartphone baru, perangkat atau Simcard ini membawa pengaturan APN secara default dari penyedia jaringan kamu, yang berarti kamu tidak perlu mengonfigurasinya secara manual. Smartphone kamu akan secara otomatis mendeteksi, membaca, dan mengkonfigurasinya.

Namun, ada keadaan tertentu yang mengharuskan kamu untuk mengkonfigurasi APN kamu dari awal atau memodifikasinya dari default. Alasan tersebut dapat meliputi :

  1. Konektivitas internet tidak berfungsi dan kamu tidak tahu mengapa.
  2. Mengganti operator jaringan
  3. Lokasi : kamu berada di luar wilayah penyedia jaringan kamu dan ingin menghindari biaya roaming.
  4. Mengganti smartphone yang tidak terkunci ke penyedia layanan baru, dll.

Untuk mengatur jaringan seluler kamu, beberapa penyedia jaringan bahkan mungkin mengharuskan kamu untuk memasukkan pengaturan APN secara manual. Tergantung juga pada jenis perangkat yang kamu gunakan, langkah-langkah untuk mengkonfigurasi APN kamu dapat dilakukan dengan cara di bawah ini.

Namun pertama-tama, kamu harus mendapatkan konfigurasi APN yang benar dari penyedia jaringan kamu. Konfigurasi ini, kamu dapat temukan di situs web resmi operator kamu atau dengan menghubungi dukungan pelanggan jaringan kamu. Yang perlu kamu lakukan adalah menemukan pengaturan APN yang tepat untuk jaringan yang ingin kamu gunakan. kamu dapat menemukannya di halaman dukungan di situs web operator.

Untuk Android

  1. Pergi ke menu Pengaturan pada smartphone kamu
  2. Pilih opsi pada Jaringan dan Internet
  3. kemudian lanjut pilih Jaringan Seluler.
  4. Jika smartphone kamu menggunakan perangkat dual SIM, pilih kartu SIM yang APN-nya ingin kamu konfigurasi
  5. Pilih Access Point Name untuk mulai mengatur APN kamu.
  6. Lanjutkan untuk memasukkan konfigurasi APN yang diperoleh dari operator jaringan Anda
  7. Lalu Simpan pengaturan
CATATAN : pengaturan di atas dapat bervariasi tergantung pada jenis smartphone yang kamu gunakan atau versi sistem Operasi Android kamu.

Untuk Iphone dan Ipad

  1. Pergi ke menu pengaturan pada smartphone kamu.
  2. Lanjutkan pilih Data Seluler
  3. Kemudian pilih Opsi Data Seluler.
  4. Dan pilih Jaringan Data Seluler.
  5. Kemudian masukkan konfigurasi APN yang diperoleh dari operator kamu.
Alternatif lainnya,

Pengaturan>> Data Seluler>> Opsi Data Seluler>> Jaringan Data Seluler.

Untuk kembali ke pengaturan APN default di iPhone kamu,

Arahkan ke Pengaturan >> Seluler >> Jaringan Data Seluler >> Setel Ulang Pengaturan


Untuk Windows Phone

  1. Geser ke kiri
  2. Klik pada Pengaturan.
  3. Pilih Jaringan & nirkabel
  4. Klik Ponsel & SIM.
  5. Arahkan ke Pengaturan SIM.
  6. Klik Umum.
  7. Lanjutkan ke Tambahkan APN Internet

Untuk MIFI

  1. Pergi ke pengaturan
  2. Lanjutkan ke Jaringan Seluler
  3. Klik Acces Point Name
  4. Kemudian masukkan APN internet

Pada salah satu perangkat di atas, setelah kamu memodifikasi dan mengaktifkan APN baru, konektivitas internet akan dijeda ketika telepon beralih ke APN baru. Ini membutuhkan waktu kurang dari (atau sekitar) satu menit dan kamu akan kembali online dalam waktu yang singkat. Jika pengaturan baru masih tidak terhubung ke internet, atasi masalah dengan me-restart telepon kamu. Jika tidak, hubungi pusat dukungan dari jaringan operator seluler kamu.

Nah itulah tadi pengertian APN (Acces Point Name) pada smartphone dan bagaimana cara mengatur APN di smartphone atau MIFI, Semoga bermanfaat.
Lihat Komentar

0 Response to "Apa itu APN? dan Bagaimana cara mengatur APN di smartphone atau MIFI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel