Cara sharing printer ke komputer lain di Windows 7/8/10


Hai sobat Mithaku, mungkin kamu pernah mengalami kesulitan pada saat ingin melakukan print pada kerjaan kantor. Apalagi dengan printer yang jumlahnya terbatas atau printer yang kamu gunakan mengalami kerusakan dan sedang di servis. Nah untuk itu kamu dapat menggunakan printer temanmu. Namun bagaimana cara agar kita tidak repot membawa laptop agar tidak berpindah-pindah tempat? apalagi jika kamu menggunakan PC. Nah tidak mungkin kan kamu memindahkan PC tersebut ke ruang kerja temanmu :v

Disini saya akan memberikan cara menggunakan satu printer ke dua perangkat komputer yang berbeda. Namun sebelum kamu melakukan sharing pastikan komputer satu dengan lainnya sudah terkoneksi dengan wifi yang sama. Karena disini kita akan menggunakan IP Address yang sama untuk dapat terhubung pada printer tersebut. Baiklah langsung saja ke tutorialnya di bawah berikut ini.

Langkah yang pertama :

Melakukan setting pada komputer yang ingin kita sharing printer

Agar printer bisa di sharing untuk komputer lain, kamu harus menerapkan beberapa pengaturan di bawah berikut ini pada laptop/ PC yang sudah terkoneksi dengan printer yang ingin di sharing.

1. Pertama-tama pergi ke start menu dan masuk ke Control Panel. Atau bisa juga menggunakan shortcut dengan cara menekan tombol Windows + R secara bersamaan kemudian ketik perintah control panel lalu tekan Enter.


2. Pada halaman control panel, untuk dapat melakukan sharing printer pilih opsi Network and Internet untuk mengaktifkan file and printer sharing 


3. Kemudian pada halaman Network and Internet, pilih opsi Network and Sharing Center



4. Lanjutkan pilih opsi Change advanced sharing settings.



5. Pada menu Advanced sharing setting, centang pada opsi Turn on network discovery dan juga Turn on file and printer sharing. Dengan mengaktifkan kedua opsi tersebut, komputer atau laptop lain dapat mengakses file dan printer yang sudah di sharing.


6. Untuk langkah ini, kamu tidak harus mengaktifkannya. Namun jika kamu ingin agar tidak sembarang orang mengakses file dan printer kamu. Opsi ini dapat diaktifkan untuk mengisi Password. Jadi jika orang lain ingin mengakses juga harus memasukkan password untuk dapat menghubungkan ke printer yang ingin di sharing.


7. Srcoll ke bagian bawah kemudian pilih opsi Turn off password protected sharing. Nah jika sudah mengaktifkan opsi ini maka tidak sembarang orang dapat mengakses printer yang ingin di sharing. Kemudian klik save changes. 



8. Setelah selesai mengaktifkan opsi File and printer sharing, langkah selanjutnya kamu harus memilih printer yang ingin di sharing. Masuk lagi ke menu Control Panel kemudian pada opsi kategori Hardware and Sound, pilih  opsi View Devices and Printers.


9. Pilih printer yang ingin di sharing kemudian klik kanan, pilih printer properties. Disini saya menggunakan printer Epson L220 series.


10. Kemudian pilih tab Sharing, lalu jika belum di centang, klik pada kolom Share this printer lalu isi kolom dengan nama printernya (bebas). Kemudian klik OK.


Nah, pada langkah yang pertama ini, kamu sudah berhasil melakukan sharing printer ke komputer lainnya. Untuk dapat mengakses printer ini, kamu juga harus men-setting pada perangkat komputer yang ingin mengakses printer yang sudah di sharing tersebut. Lanjutkan pada langkah yang kedua di bawah ini.

Langkah yang Kedua :

Melakukan setting pada komputer yang ingin mengakses sharing printer

Jika langkah tadi adalah mengatur agar printer bisa di sharing, sekarang kita lanjutkan dengan menghubungkan komputer atau laptop ke sharing printer tersebut.

1. Pastikan juga kamu sudah mencentang pada opsi Turn on network discovery dan juga Turn on file and printer sharing sama seperti langkah di atas tadi. Kemudian pilih Save changes.


2. Kemudian masuk ke menu windows explorer atau bisa dengan cara shortcut menekan tombol Windows + E secara bersamaan. Kemudian pada menu windows explorer pilih tab Network yang berada di kiri bawah. Pilih nama komputer yang telah terhubung pada sharing tadi misalnya seperti contoh : di gambar adalah Wijaya. Klik nama komputer yang telah terhubung tersebut.


3. Nah jika sudah di klik maka akan terlihat nama printer yang sudah di sharing tadi. Kemudian klik kanan pada printer yang di sharing tersebut kemudian pilih Connect. Tunggu beberapa hingga selesai terhubung.


4. Setelah berhasil dihubungkan, kamu bisa mengecek di Ms. Word apakah printer tersebut sudah status ready. Jika sudah pilih nama printer tersebut, maka kamu sudah dapat menggunakan printer tersebut untuk mulai print pada komputer atau laptop kamu.


Selesai. Untuk pengguna Windows 10, jika nama sharing printer tidak ditemukan, bisa menggunakan cara ini.

1. Masuk ke menu setting pada windows 10, kemudian pilih opsi Devices


2. Di dalah menu Device, pada opsi Printer and scanner klik pada opsi add printer and scanner


3. Jika printer yang di sharing tidak ditemukan juga, klik pada tulisan The printer that I want isn't listed


4. Kemudian jika muncul pop up add printer, centang pada opsi Add printer using a TCP/IP Addres or hostname lalu masukkan IP Address komputer yang terhubung dengan printer yang di sharing.


5. Jika sudah muncul opsi printer yang di sharing, kemudian hubungkan laptop atau komputer kamu pada printer tersebut seperti langkah no 3 di atas.


Nah, sekarang kamu sudah dapat menggunakan satu printer untuk dua perangkat komputer. Sekian tutorial ini selemat mencoba dan semoga bermanfaat.
Lihat Komentar

0 Response to "Cara sharing printer ke komputer lain di Windows 7/8/10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel