6 Alasan paling umum mengapa internet tidak berfungsi


Hai sobat Mithaku, Pernahkah kamu mengalami masalah internet tidak berfungsi? Tentu saja hal ini sangat menyebalkan. Apalagi kerjaan kantor yang dikirim lewat email harus segera dikirimkan atau saat ingin bermain game namun ternyata internet kamu malah tidak berfungsi seperti biasa. Banyak faktor penyebab tidak berfungsinya internet. Nah berikut beberapa penyebab dari internet tidak berfungsi.

1. Komputer Tidak terhubung ke WiFi

WiFi terkadang memiliki cara bermain petak umpet dengan perangkat kamu. Ini bisa menjadi masalah dengan Router atau MiFi atau bisa juga komputer dan smarthone kamu yang bertindak. Terkadang bug pada driver jaringan yang diinstal pada sistem operasi kamu yang menyebabkan koneksi komputer kamu terputus-putus. Jika koneksi kamu ke WiFi hidup dan mati, maka kamu perlu memperbarui driver jaringan nirkabel kamu dari manajer perangkat.

Namun, terkadang malware dan virus juga dapat menjadi alasan mengapa kamu tidak dapat terhubung pada koneksi jaringan. Pastikan untuk selalu memiliki komputer yang bersih dengan menjalankan scan virus secara berkala. Firewall mungkin bisa menghalangi koneksi kamu. Hubungi administrator jaringan kamu untuk alasan internet kantor.

Namun, jika perangkat kamu terhubung ke jaringan WiFi yang dapat kamu ketahui dari ikon jaringan di bilah tugas, maka itu adalah sesuatu yang lain lagi.

2. Konfigurasi Internet atau Jaringan yang salah

Konfigurasi jaringan yang dikonfigurasi dengan tidak tepat dapat menjadi penyebab masalah internet. Biasanya ketika kamu membeli MiFi atau smartphone baru, pengaturan secara otomatis dikirim kepada kamu oleh penyedia jaringan kamu atau sudah diinstal sebelumnya pada perangkat kamu. Tetapi kadang-kadang kamu mungkin beralih jaringan untuk kesepakatan yang lebih baik di titik mana kamu memerlukan pengaturan internet penyedia layanan baru. Untuk smartphone, Mifi dan router 4G, APN adalah nilai yang paling penting.

Mereka yang terhubung melalui router WiFi, bisa jadi gateway yang salah atau dan konflik IP antara perangkat yang terhubung. Konflik IP terjadi ketika dua atau lebih komputer di jaringan yang sama kebetulan memiliki alamat IP yang sama. Pastikan untuk mengatur pengaturan jaringan kamu ke DHCP yang merupakan default dan hindari pengaturan alamat IP statis

3. Bundel data telah habis

Jika kamu tidak mengawasi penggunaan data, bundel data kamu dapat berjalan lebih cepat dari yang kamu harapkan. Jika kamu menggunakan paket unlimited, maka langganan kamu mungkin telah kedaluwarsa. Sebagian besar Internet Service Provider (ISP) memiliki cara untuk memungkinkan kamu memeriksa saldo atau langganan data Anda. Di smartphone kamu dapat melalui kode pendek USSD tertentu untuk memeriksa saldo data dan untuk pelanggan bisnis, kamu dapat menghubungi perwakilan penjualan ISP kamu untuk perincian tentang saldo terutang kamu. Jika kamu yakin bahwa langganan kamu masih berlangsung, maka saatnya untuk menguji sesuatu yang lain.

4. Router / MiFi tidak berfungsi dengan baik

Untuk kamu yang terhubung ke internet melalui router 3G / 4G LTE dan MiFi, perangkat kamu mungkin kehilangan koneksi data seluler. Router bekerja banyak setelah berjalan berjam-jam. Jadi MiFi membiarkan sinyal WiFi dan karenanya perangkat lain dapat terhubung tetapi kehilangan tautan 3G / 4G yang terhubung ke internet. Biasanya router 3G / 4G LTE dan MiFi memiliki lampu LED status yang menunjukkan apa yang berfungsi dan apa yang tidak. Biasanya Merah berarti tautannya telah hilang dan hijau atau biru berarti segalanya terlihat.

5. Kecepatan internet yang  lambat

Ketika kamu berlangganan ke bundel internet, penyedia internet tersebut berjanji untuk menjaga kecepatan ke kisaran tertentu misalnya 1-4Mbps. Ketika kecepatannya lebih rendah dari nilai yang dijanjikan menjadi 30%, sudah waktunya untuk menghubungi layanan pelanggan. kamu harus meminta dan memberikan penjelasan atau pengembalian dana jika kecepatan internet lambat atau tidak memuaskan. Sudah umum bagi ISP untuk mengalami pemadaman juga yang terkadang tidak dikomunikasikan kepada pelanggan.

6. DNS tidak berfungsi

Domain Name System (DNS) adalah pusat bagaimana internet bekerja. Sebagian besar berfungsi di latar belakang, sehingga pengguna internet biasa mungkin tidak tahu tentang keberadaannya. Singkatnya, DNS menerjemahkan nama-nama situs web yang dapat dibaca manusia alias domain menjadi alamat IP aktual yang sesuai dengan server hosting situs web. Komputer kamu secara otomatis mengambil alamat DNS dari ISP kamu ketika terhubung ke hotspot publik atau router / MiFi.

Namun, terkadang sistem DNS ini berjalan di bawah tanpa sepengetahuan kamu karena bekerja di latar belakang. Ini mengakibatkan kegagalan menerjemahkan nama-nama domain menjadi alamat IP. Akibatnya, browser kamu tidak tahu di mana menemukan konten untuk apa pun yang kamu cari di internet. Chrome, misalnya, akan menampilkan kesalahan ERR_NAME_NOT_RESOLVED untuk menunjukkan bahwa ia tidak dapat menerjemahkan atau menemukan domain yang seharusnya karena domain itu kadaluwarsa atau hanya karena server DNS yang dicoba untuk dijangkau turun.

Nah, itulah tadi beberapa penyebab tidak berfungsinya internet kamu. Selain 6 alasan di atas kemungkinan saja kamu dapat menemukan penyebab yang lainnya. Semoga bermanfaat.
Lihat Komentar

0 Response to "6 Alasan paling umum mengapa internet tidak berfungsi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel